Properti Saya

cara cerdas menjadi flipper properti

cara cerdas menjadi flipper properti

Sektor bisnis properti itu memang luas dan banyak bagian-bagian profesi didalamnya, salah satu dari profesi tersebut adalah menjadi Flipper Properti. Untuk mereka yang biasa bergelut didunia properti pastinya faham apa itu flipper properti. Tapi bagi Seorang flipper yang merasa masih asing dengan istilah tersebut, mari kita gali apa itu flipper dalam dunia properti beserta aktivitas yang dilakukanya.

Siapa Flipper properti ?


Pegertian secara umum mengenai flipper properti adalah orang yang membeli sebuah properti dengan tujuan untuk menjualnya kembali, biasanya flipper properti akan memperbaharui properti yang dijualnya atau mungkin hanya membelinya saja tanpa melakukan perbaikan apa-apa sambil menunggu waktu meningkatnya nilai properti tersebut setelah itu barulah dijual. atau bisa langsung dijual kembali.

Biasanya flipper memiliki target untuk menunggu properti nya terjual minimal 3 bulan karena meraka memiliki tengat waktu dengan penjual sebelumnya mungkin waktu tersebut adalah waktu yang standar untuk proses menjual kembali. Banyak alasan para flipper untuk menjual propertinya pada waktu-waktu yang telah ditargetkan, seperti:
  • Menunggu proses perbaikan atau renovasi rumah
  • Properti tersebut banyak diminati sehingga harga jualnya akan semakin tinggi 
  • Memiliki tengat waktu pelunasan rumah dengan penjual sebelumnya.


Profesi seorang filpper saat ini banyak digandrungi oleh pe-bisnis properti pemula karena profesi ini sangat menjanjikan dan merupakan bisnis berpenghasilan tinggi dalam waktu yang relatif singkat.

Pada prakteknya dilapangan untuk menjadi flipper properti tidak harus memiliki modal besar, banyak trik dan tips seperti untuk membeli rumah bisa tanpa dp atau beli rumah pakai KPR dan masih banyak lagi trik-trik pemain yang memilih bisnis properti berpengalaman.

Apa saja sih yang seharusnya dilakukan oleh seorang flipper dalam menjalankan profesinya? beberapa aktivitas yang harus dilakukan oleh seorang flipper biasanya melakukan hal-hal seperti yang dijelaskan dibawah ini:

Mengumpulkan data listing properti yang sedang dijual


Seorang yang menjadi filpper properti harus bisa mendapatkan listing properti lewat media cetak, elektronik maupun papan spanduk, Atau bahkan seorang filpper bisa menghubungi mereka yang menjadi broker properti profesional, karena biasanya broker properti memiliki banyak listing rumah dijual dan memiliki banyak informasi tentang listing properti lainnya. Seorang filpper tinggal minta ditunjukan lokasi rumah yang masih dibawah harga pasaran untuk proses flipping (beli dan jual kembali) sesuai dengan budget dan target market Seorang filpper.

Ketika Seorang filpper telah mendapatkan objek properti yang akan di flipping, Cara cerdas menjadi flipper properti profesional yaitu Seorang filpper cukup menyediakan uang muka tanpa harus melunasi properti tanpa harus dengan uang sendiri.

Menyiapkan dp rumah 


Setelah objek properti berhasil Seorang filpper bidik maka, pada langkah ini seharusnya Seorang filpper telah menyiapkan dp rumah akan tetapi perlu dipahami Seorang filpper harus benar-benar jeli dalam melihat potensi market properti yang dibidiknya karena ini akan berhubungan dengan hasil yang akan Seorang filpper peroleh, jika Seorang filpper mendapatkan properti yang tepat maka dalam waktu singkat hasilnya pun akan sangat luar biasa. 

Mengecek keabsahan surat surat rumah 


Untuk mencegah kemungkinan adanya permasalahan yang timbul dalam transaksi jual beli rumah, sebaiknya seorang flipper jeli dan teliti untuk selalu mengecek status kepemilikan rumah beserta surat-suratnya secara lengkap dan detil. Karena legalitas tersebut merupakan nyawa dari sebuah properti, jika legalitas bermasalah maka transaksi pun tidak akan pernah terwujud karena akan menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari.

Apalagi anda jika ingin menjadi flipper properti harus mampu memastikan keabsahan surat-surat rumah apakah bersertipikat hak milik, Hak Guna Bangunan, atau lainnya yang memiliki status kuat dan resmi dihadapan hukum. Dalam hal ini proses pengecekan legalitas rumah bisa dibantu oleh pihak notaris. 

Memberikan uang tanda jadi pembelian rumah 


Jika telah mendapatkan properti yang sesuai dan telah mengecek segala sesuatu yang diperlukan juga telah melalui tahapan negosisi bahwa anda bertujuan membeli properti tersebut untuk dijual kembali kepada pembeli berikutnya dan uang pelunasan rumah akan dibayarkan setelah rumah terjual kembali dengan tenggat waktu terjualnya sesuai dengan kesepakatan anda dan penjual. 

Setelah itu maka, anda sebagai seorang flipper properti dapat menyerahkan uang tanda jadi kepada pihak penjual sebagai ikatan sementara sampai diadakannya PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) di hadapan notaris. 

Mengadakan ppjb rumah dengan penjual 


PPJB adalah tahapan yang sangat penting dimana dalam draft PPJB memuat berbagai kesepakatan yang telah ditentukan bersama sebelumnya lalu dijadikan sebuah klausul yang memiliki kekuatan hukum untuk ditaati bersama yang disahkan dihadapan notaris. 

Flipper properti harus jual rumah dengan harga bagus 


Setelah PPJB dilakukan saatnya seorang yang menjadi flipper properti melancarkan pemasaran secara masiv caranya adalah bisa dengan menjual sendiri atau mengundang para broker properti untuk membantu mempercepat proses pemasarannya sehingga tengat waktu agar properti tersebut terjual telah terpenuhi dan anda terhindar dari jatuh tempo yang telah disepakati sewaktu melakukan PPJB. 

Buat rumah menjadi lebih menarik agar mendapat harga tinggi

Trik agar rumah dapat terjual dengan harga tinggi adalah salah satunya dengan cara memperbaiki rumah agar terlihat lebih menarik dan memberikan tambahan spesifikasi agar harga yang ditawarkan terkesan pantas untuk sebuah properti yang anda tawarkan. 

Bila rumah telah terjual sebelum jatuh tempo yang telah disepakati, segera diurus proses untuk menuju AJB ( Akte Jual Beli) di notaris antara pihak pembeli anda dengan pihak penjual rumah untuk melaksanakan tanda tangan akad jual beli bersama dan menyerahkan pelunasan rumah tersebut kepada penjual sebelumnya. 

Proses Flipping Selesai! dan anda mendapatkan selisih dari hasil penjualan rumah tersebut dengan hasil yang pastinya sesuai dengan harapan seorang yang menjadi flipper properti yaitu hasil yang spektakuler dalam bisnis properti.

Konsekuensi menjadi flipper properti

Jika proses pemasaran rumah melewati tengat waktu yang telah disepakati, maka biasanya flipper akan mendapatkan konsekuensi antara melunasi pembayaran rumah dengan uang sendiri atau dimungkinkan jika tidak memiliki uang cash seorang flipper bisa membeli rumah dengan KPR atau jika tidak dapat terpenuhi kedua-duanya ada kemungkinan DP yang telah diserahkan kepada penjual akan hangus. itu semua tergantung dari klausul yang terdapat pada draft PPJB yang telah disepakati dihadapan notaris. 

Begitulah ada juga susah dan senangnya menjadi flipper properti dalam dunia properti.

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan relevan