Properti Saya

Peluang bisnis properti syariah

Peluang bisnis properti syariah

Pembangunan properti yang begitu masiv membuat peluang bisnis properti makin menjamur seperti yang terlihat saat ini, begitu banyak orang yang beralih profesi menjadi broker properti, kantor-kantor agen properti saat ini ada disetiap jengkal dikawasan yang memiliki banyak permintaan properti.

Begitu maraknya, memunculkan berbagai konsep bisnis dalam sektor properti, yang saat ini sedang naik daun adalah jenis bisnis investasi properti syariah tanpa bank dalam skema properti syariah menawarkan konsep yang sangat jauh berbeda dengan skema bisnis properti secara konvensional. 

Dalam menyikapi berbagai peluang bisnis properti yang menjamur saat ini, warga masyarakat banyak yang sangat antusias menyambut banyaknya kesempatan pekerjaan dalam sektor dalam hal ini bisnis properti syariah. peluang ini sangat membantu perubahan penghasilan dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Elmen-elemen masyarakat yang akan mendapatkan potensi keuntungan pada peluang yang sedang meroket ini adalah :

Developer dalam bisnis properti syariah


Para pencari peluang bisnis properti terus menerus mencari ide dan menciptakan peluang untuk kemajuan bisnisnya sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat. Ide yang saat ini terus digandrungi adalah cara mudah menjadi developer properti syariah.

Untuk terjun langsung kedalam sistem properti syariah, pastinya harus memahami terlebih dahulu skema yang diterapkan. Utama nya adalah seorang muslim yang rela meninggalkan bentuk pembiayaan yang mengandung unsur riba yang terdapat pada sistem perbankan saat ini. pastinya dalam sebuah perubahan pasti akan mendapat rintangan yang tidak biasa apalagi jika dilakukan bisnis properti pemula.

Ketika orang lain masih mengandalkan pembiayaan dari perbankan, dalam skema properti syariah justru menghindari hal tersebut. Bagaimana skema ini bisa dijalankan dan apakah ada resikonya bagi pelaku bisnis properti syariah nantinya?

Konsep dasar bisnis properti syariah itu terdapat pada tiga dasar kesuksesan yaitu:
  • Syar'ie 
  • Profit
  • Sholeh

Resiko yang akan dihadapi developer properti syariah dalam mengambil keputusannya untuk tidak bekerja sama dengan pembiayaan perbankan adalah penjualan dan memaintenance yang dilakukan secara mandiri dalam hal ini proses pembiayaan yang berhubungan dengan proses kredit rumah oleh calon pembeli.

Permasalahan inilah bagi sebagian besar pengembang konvensioanal mendapatkan sedikit beban untuk berpikir lebih extra dalam menentukan alasan memilih bisnis properti syariah

Marketing menjadi peluang bisnis properti syariah


Peluang bisnis properti lainnya adalah menjadi marketing properti syariah, proses pemasaran bisa saja dilakukan oleh pihak ketiga yaitu agen properti profesional, asalkan dalam hubungannya dengan sistem syariah, agen properti harus menyamakan pandangan terlebih dahulu mengenai konsep properti syariah. akan lebih klop jika agen properti tersebut sama-sama menerepkan sistem syariah dalam kegiatan pemasaranya.

Sebetulnya ini adalah peluang yang sangat menarik dalam konsep marketing properti syariah, karena kegiatan marketing properti syariah tidak seperti marketing-marketing properti pada umumnya. dalam properti syariah marketing freelance dapat bekerja dimana pun dia berada. atau bekerja dari rumah pun bisa melalui sosial media karena tidak ada keterikatan waktu.

Menjadi marketing properti syariah freelance lebih mudah dilakukan karena tidak harus membantu proses pembelian rumah. marketing hanya sebatas menyerahkan konsumen yang berminat dengan rumah yang ditawarkan kepada pihak marketing developer dan jika terjadi booking fee atau uang muka maka marketing properti syariah freelance akan mendapatkan fee.

Peran pembeli rumah dalam bisnis properti syariah


Bagi pembeli rumah dalam skema properti syariah akan menjadi daya tarik tersendiri karena dalam konsep properti syariah tidak ada BI checking, tidak ada bunga, tidak ada sita an, membayar cicilan langsung ke pihak developer sebagai pengembang sekaligus penyedia pembiayaan yang aman dan tanpa riba.

Pembeli properti syariah juga diberikan jaminan dan konsep ini memberikan peluang keuntungan tersendiri bagi pembeli. jika pembeli sudah tidak sanggup untuk mencicil sampai selesai atau tidak dapat melunasi ditengah jalan, Developer dalam menjalankan bisnis properti syariah tidak akan melakukan penyitaan terhadap properti yang sedang dicicil oleh pembeli akan tetapi lebih mengedepankan musyawarah untuk mencari jalan keluar yang terbaik.

Jika pembeli mengalami wanprestasi Solusi yang biasa ditawarkan adalah menjual properti yang sedang dalam proses kredit tersebut kepihak lain, walaupun masih dalam proses kredit legalitas rumah tidak tersangkut masalah dengan penjaminan karena pihak developerlah yang menjadi penjamin langsung.

Jika telah berhasil dijual maka dari hasil penjualan properti tersebut digunakan untuk melunasi kewajiban cicilan yang masih tersisa kepada pihak developer property syariah. keuntungan dalam skema properti syariah adalah sisa dari hasil penjualan properti yang telah dipotong untuk melunasi sisa cicilan akan menjadi hak bagi pemilik properti tersebut.

Bagaimana Peluang bisnis properti menguntungkan bukan? coba bandingkan dengan skema pembiayaan konvensional ketika terjadi kasus yang sama. nah sekarang masih ragu dengan pembiayaan properti syariah ?

Miliki mental baik dalam bisnis properti syariah


Pembeli yang baik akan memiliki mental yang baik dalam melakukan transaksi jual beli rumah dan properti syariah calon pembeli harus memiliki itikad baik tidak hanya berorientasi pada kemudahan dan keuntungannya saja akan tetapi pada akhlak yang mulia dan membeli rumah dengan skema properti syariah bertujuan semata-mata untuk menghindari unsur riba dan mendukung sistem syariah yang banyak memberikan manfaat.

No comments :

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan relevan